Beranda » Uncategorized » Laporan Perjalanan Sail Banda

Laporan Perjalanan Sail Banda

Start here

November 2010
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Laporan Perjalanan Sail Banda 2010
Ditulis oleh riza umami  Â
Senin, 16 Agustus 2010 00:00
Bapak Chumaedi, SPd dan Reza Umami kelas XII BCS sebagai duta dari Kabupaten kudus berkesempatan mengikuti kegiatan Sail Banda 2010. Berikut laporan perjalanannya. 

Kegiatan Sail Banda 2010 merupakan wujud kegiatan yang dapat meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia pada bahari, sekaligus merupaka kegiatan dalam forum internasional yang dapat memberikan dampak positif yang sangat kondusif bagi bangsa Indonesia.

Rangkaian kegiatan Sail Banda 2010 meliputi upacara HUT Kemerdekaan RI di pulau-pulau terluar, reli kapal layar, seminar nasional dan internasional, olahraga bahari, pentas budaya dan atraksi wisata, bakti sosial, LNRPB (Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari), serta kegiatan lain oleh Pemda setempat.

LNRPB merupakan kegiatan yang diikuti oleh pemuda seluruh nusantara. Even yang diikuti oleh 460 peserta dan Pembina ini berlangsung mulai tanggal 22 Juli 2010 s/d 9 Agustus 2010. Untuk perwakilan dari Kabupaten Kudus adalah guru dan siswa MAN 2 Kudus, yaitu Bapak Chumaedi, SPd dan Reza Umami kelas XII BCS.

Sebagai ketua panitia adalah Kolonel Laut (E) Adi Suyoso dengan wakilnya Kolonel Laut (T) Yus K. Usmany Suyoso dengan wakilnya Kolonel Laut (T) Yus K. us 2010.

tan lain oleh Pemda setempat.

olahraga bahari, pentas budaya,us mST. Sedangkan peserta yang terdaftar merupakan perwakilan beberapa kementerian, antara lain :

– Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat

– Kementerian Pemuda dan Olahraga

– Kementerian Pendidikan Nasional

– Kementerian Agama

– Kementerian ESDM

– Departemen Kelautan dan Perikanan

– Kementerian Pertahanan

– Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

– Departemen Perhubungan

– Kementerian Sosial

– BKKBN

– LIPI

– Dishirdos

Mereka berasal dari beberapa instansi baik pemerintah maupun swasta, para pelajar dari beberapa Madrasah dan SMK serta mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi baik negeri atau swasta serta gerakan pramuka dari Kwarnas.

Pelayaran ini memanfaatkan KRI (Kapal Republik Indonesia) Makassar 590 sebagai alat tranportasi. Kapal tersebut merapat di beberapa tempat sesuai jadwal, antara lain Makassar (Sulsel), Banda (Maluku Tengah), Ambon (Maluku), dan Wakatobi (Sulawesi Tenggara).

Rangkaian kegiatan LNRPB dimulai pada hari Jum’at, 23 Juli 2010. Semua kegiatan dilaksanakan di dek kapal dan lounge room (ruang makan). Mulai dari presentasi, diskusi, dinamika kelompok, permainan, dan simulasi. Sedangkan untuk kegiatan keagamaan diadakan kultum setiap habis shalat shubuh dan sesudah shalat jama qasar magrib dengan isya. Bagi peserta yang beragama Nasrani disediakan waktu pada hari minggu untuk acara kerohanian.

Setiap kapal merapat diadakan suatu kegiatan semacam melancong yang disebut Pesiar. Kegiatan pesiar bisa berupa kunjungan ke Gubernur atau sambutan Pemda setempat serta kunjungan ke museum atau tempat prasejarah. Para peserta juga diberi kesempatan untuk berkunjung ke Maluku Expo 2010. Kota Ambon juga mengadakan acara yang membuka gerbang menuju Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional yaitu Makan Patita Nasional (1/8). Di sana disediakan 2010 variasi masakan ikan yang berasal dari 30 jenis ikan di perairan Maluku. Even itu mendapatkan penghargaan rekor variasi masakan ikan terbanyak di dunia oleh MURI.

Puncak Acara Sail Banda didatangi oleh Presiden SBY pada tanggal 3 Agustus 2010 di dermaga Yos Sudarso, Ambon. Dalam puncak acara, SBY mengatakan bahwa kegiatan Surya Bhaskara Jaya dan LNRPB harus dilanjutkan. Sebagian peserta LNRPB turut mendapat undangan untuk puncak acara tersebut. Beberapa musisi juga ikut memeriahkan acara tersebut seperti Mikha Tambayong, Harvey Maleholo, dan grup band Pasto. Pada akhir acara disajikan Sailing Pass (barisan kapal).

Kegiatan lintas nusantara ini memang diadakan untuk pemuda seluruh nusantara. Karena remaja dan pemuda merupakan penerus bangsa yang berpotensi untuk membina diri serta selalu memotivasi diri agar menunjukkan perannya dalam memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: